25 Juli 2008

Facial di Rumah, kenapa Tidak?

ADA kalanya kita malas untuk pergi keluar rumah. Namun, bukan berarti kita dapat bermalas-malasan. Gunakan waktu luang untuk melakukan ritual perawatan wajah yang menyenangkan sembari bersantai.

Facial atau perawatan yang dilakukan di salon memang memiliki beberapa keuntungan, seperti peralatan modern dan kehadiran terapis yang selalu siap membantu. Meskipun begitu, melakukan perawatan wajah sendiri juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.

Tanpa kita duga, dapur justru bisa menjadi "gudang harta" yang mendukung penampilan. Berbagai jenis rempah yang bertumpuk di lemari dapur dapat kita olah menjadi sarana perawatan wajah tradisional yang tak kalah dengan krim kosmetik terbaru.

Pada zaman dahulu kala, nenek moyang kita menggunakan hasil alam sebagai bahan perawatan kulit. Kita pun bisa sedikit bereksperimen dengan bahanbahan yang tersimpan rapi dalam kulkas. Potongan mentimun dingin bisa menyegarkan mata dan mendinginkan kulit. Selain itu, mentimun memiliki zat penyerap minyak sehingga cocok digunakan mereka yang memiliki kulit wajah berminyak.

Begitu pula dengan tomat. Bengkuang bermanfaat mencerahkan kulit. Alpukat memiliki khasiat melembabkan kulit yang kering, sedangkan wortel dapat mengembalikan kesegaran kulit kusam. Tidak hanya buah-buahan, madu pun dapat digunakan sebagai pelembab kulit.

Kandungan vitamin E dalam madu mampu menutrisi jaringan kulit sehingga terlihat lebih kenyal dan sehat. Tidak jauh berbeda, daging lidah buaya pun dapat digunakan sebagai masker. Sementara itu, bubuk beras dapat dijadikan scrub bagi kulit kasar. Saat ini tersedia berbagai jenis perawatan wajah lengkap yang dapat dilakukan di rumah.

Tidak ada komentar: